Friday, July 29, 2011

Samsung Galaxy Ace vs Nokia C7

Mungkin perbandingan ini kurang pas, tetapi karena saya pernah merasakan kedua hp ini, jadi saya buat reviewnya..

Alasan memilih Samsung Galaxy Ace daripada Nokia C7 :
OS Android 2.2 (Upgradeable to Android 2.3),
OS nya enak buat kebutuhan dan bisa dikostumasi sesuai keinginan bahkan dengan tampilan yang aneh-aneh,
Nokia C7 sebenarnya juga bisa tetapi masih terbatas, tidak sebebas android,

Kameranya yang sudah autofocus
Bagi yang suka menggunakan kamera, lebih baik memilih Samsung Galaxy Ace, meskipun hanya 5 Mpx
tetapi ada fitur autofocus (obyek yang sedang bergerak jika difoto hanya sedikit blur nya) dan fitur macro untuk pengambilan  jarak dekat,, Kedua HP ini sudah memiliki led flash tetapi Nokia C7 lebih unggul sedikit dengan dual LED nya,

Processor yang lebih besar, 800Mhz
Buka tutup aplikasi terasa cepat, jarang terjadi lag maupun restart sendiri..

Wifi Share
Jika meanggunakan laptop sebagai sumber Wifi untuk sharing internet, yang saya coba selama ini dan berhasil 100% adalah dengan menggunakan koneksi Ad-Hoc, jika share menggunakan Conectify masih belum bisa konek. Itupun harus mereplace wpa suplicant nya terlebih dahulu.

Proximity Sensor
Jika melakukan panggilan maka layar akan redup atau gelap secara otomatis

Baterai
Baterai lebih besar kapasitasnya dan lebih lama standby nya, tetapi jika dipakai secara intensif akan cepat berkurangnya dan bisa dibilang lebih boros daripada Nokia C7. Dengan upgrade ke 2.3 mungkin bisa menguranginya tetapi saya belum pernah coba. Ada tips yang saya terapkan dan lumayan berhasil, yaitu dengan menggunakan SetCPU. Jangan! Gunakan task killer untuk menghemat baterai karena jika aplikasi di close dan anda akan menggunakannya lagi akan lebih besar draining baterainya daripada aplikasi tersebut tidak di close dengan task killer.

Game HD
Samsung Galaxy Ace mampu menjalankan Game HD yang sudah resize ke resolusi 320x480. Untuk Game 3D berjalan mulus. Tetapi Game HD yang sudah resize tentu lebih kecil di layar daripada versi aslinya, dan kadang terasa lag, jika di overclock sudah lain ceritanya tetapi anda juga harus tahu resikonya.

Video Player
Gunakan MoboPlayer untuk memutar berbagai format video dengan dukungan Subtittle. Masih ada kelemahan di Samsung Galaxy ace dimana Film Transformer 2 yang saya download versi .mkv sekitar 500an Mb berjalan lambat dan kadang suara duluan yang nongol atau kebalikannya, solusinya adalah di convert terlebih dahulu. Untuk Nokia C7 sudah memiliki built in Divx Codec Support jadi ketika saya memutar film tersebut di Nokia C7 berjalan mulus tanpa convert.
Alasan Memilih Nokia C7 Daripada Samsung Galaxy Ace
OS Symbian^3, atau symbian terbaru dari Nokia, sepetinya ada upgrade ke Symbian Anna seperti Nokia N8

Baterai
Baterai lebih irit meskipun kapasitas lebih kecil, karena symbian adalah OS yang ramah dengan konsumsi baterai, android lebih terkenal "baterry consumption hunger",,Dan Samsung Galaxy Ace membutuhkan waktu charge +- 3 Jam, sedangkan Nokia C7 hanya +- 2 jam saja, efektif sekali Nokia C7 ini.

Camera 8Mpx
Tetapi fitur masih standar, belum ada fitur macro dan autofocus, tetapi video record cukup bagus dengan mode 720p 25 fps.

Wifi Share
Sharing Wifi dengan laptop sebagai sumber Wifinya dapat menggunakan conectify, jadi hanya beberapa langkah saja

Proximity Sensor, Light Sensor dan Front Camera
Sama seperti Samsung Galaxy Ace, tetapi ditambah light sensor dimana tingkat kecerahan layar tergantung kondisi cahaya disekitarnya. Front Camera untuk panggilan Video Call.

Game HD
Nokia C7 sudah mampu menjalankan Game HD versi symbian^3 dan berjalan mulus dan tanpa resize. Jadi resolusinya tampak luas di layar. Saya mencoba game HD Eternal Legacy di Nokia C7 dan terasa ringan dibanding Samsung Galaxy Ace.

Video Player
Sudah mendukung Divx codec, jadi menjalankan video .mkv yang tersedia di internet bisa jalan tanpa convert.
KESIMPULAN
1. Pilih sesuai kebutuhan anda, karena saya lebih mementingkan baterai yang hemat tetapi tetap powerfull saya memilih Nokia C7.
2. Harga Nokia C7 lebih mahal daripada Samsung Galaxy Ace dan terpaut jauh. Tetapi tidak bagi saya karena keberuntngan, saya membeli Sasmsung Galaxy Ace di hari yang pas dan kena Rp 2.3jtan lebih sedikit. Dan karena baterai yang saya rasa boros, saya jual di kaskus dan kebetulan ada yang mau TT dengan Nokia C7, saya hanya menambah 200rb saja.(thanks kaskus, user id : sendiri.saja) Jika anda ingin mencoba silahkan saja.

3 comments:

You Comment, I Give 1 Backlink
Please fill comment box below..