Saturday, February 12, 2011

Instal Windows Without CD/DVD Drive or Flashdisk


Install windows 7 dengan notebook sepertinya memang tidak ada masalah, dikarenakan sudah ada perangkat DVD Rom Drive. Masalah muncul apabila kita akan install windows 7 ini di netbook yang tidak mempuyai perangkat tersebut. Nah sebenarnya sudah ada solusi untuk mengatasinya, salah satunya membuat Flashdisk kita sebagai sarana untuk install windows 7. Tetapi ada salah satu kekurangannya yaitu Flashdisk yang dibutuhkan adalah flashdisk berukuran 4 Gb, bagi yang tidak mempunyai Flashdisk sebesar itu pasti akan mengalami masalah.

Nah disini saya akan memberikan alternatif lain untuk install windows 7 tanpa DVD Rom dan Flashdisk, ada syarat yang harus dipenuhi antara lain :
  1. Anda harus mempunyai file image windows 7, bisa berupa *.iso, *.nrg, *.mds, *.ccd dll . Silahkan anda download melalui internet, bisa lewat torrent atau di file hosting. Alternatif lain anda dapat meminjam komputer atau laptop teman dan buat file image windows 7 dengan bantuan ISO Recorder, silahkan lihat di posting sebelumnya tentang ISO Recorder ini.
  2. Dan satu lagi jangan membuat file image dengan DVD Windows 7 yang error atau sudah di utak atik, apabila anda berhasil membuat image dengan ISO Recorder maka kemungkinan besar anda mempunyai image yang baik karena ISO Recorder akan error jika ada file DVD yang corrupt barang 1 file pun.
  3. Save file image tersebut di sembarang drive tetapi jangan di drive yang akan anda instal windows 7
  4. Instal Daemon Tools Lite, link downloadnya klik disini.
  5. Load file imagenya, klik icon daemon tools di taskbar, klik device 0 : [Drive Letter]: No Media, akan muncul jendela baru, cari file image windows 7 dan klik open








     6. Nah sekarang instal windows 7 seperti biasa

Kelebihan menggunakan cara ini :
  • DVD Rom Drive anda awet, karena proses instal biasanya memakan waktu sediki lama sehingga DVD drive akan terus bekerja
  • Tidak perlu membakar file image dahulu ke dalam DVD, jadi hemat biaya
Kekurangan :
  • Membutuhkan space harddisk sekitar 3gb untuk menyimpan file image windows 7
NB :
Penulis sendiri telah menginstal di komputer yang tidak mempunyai CD Rom Drive dan berhasil, serta pernah juga upgrade Windows 7 Basic di netbook ke Windows 7 Ultimate menggunakan cara ini. Selain itu penulis juga menginstal Ubuntu dengan Wubi installer yang berbentuk *.iso juga menggunakan cara ini.

2 comments:

  1. Mau tanya ni, nanti pas mau instal ulang notebook dengan file ISO, MDS dan sjnisnya berarti harus setting booting nya dari hardisk ya?
    cz saya punya windows 7 dg format file mds, saya bingung gmana kalo mau instal ulang pake file tsbt, thanks jawabannya..

    ReplyDelete
  2. iya dari harddisk..setelah windows 7 setup dijalankan dan minta booting nanti tidak usah di setting bootingnya,biarkan otomatis jalan sendiri..

    ReplyDelete

You Comment, I Give 1 Backlink
Please fill comment box below..